Senin, 27 September 2010

Secret Garden


Assalamualaikum
Sugesti mempunyai pengaruh yg luar biasa. Kenapa saya bilang begitu, karena hanya dengan kepercayaan akan suatu hal orang bisa terbebas dari masalah atau malah mendapat masalah. Tergantung dari isi sugesti itu. Mungkin itulah salah satu hal yg didapat dari novel klasik karya Franced Hodgson Burnett yang berjudul The Secret Garden. Bercerita tentang gadis kecil yg g menarik karena selalu berwajah masam dan manja bernama Mary Lennox. Setelah kedua orang tuax meninggal karena wabah penyakit kolera di India, Mary dititipkan di rumah pamanya, Mr. Archibald Craven di Inggris. Pamanx tinggal di sebuah rumah besar dg 100 kamar di sebuah desa. Awalx Mary kesepian karena pamanx g pernah berada di rumah dan para pelayan selalu berada di ruanganx di lantai bawah. Mary yg berwajah masam g pernah suka dg orang lain sehingga dia tidak berusaha untuk bergaul dg penghuni rumah besar itu. Tapi karena cerita tentang sebuah taman yg sudah dikunci selama 10 tahun dari gadis yg ditugaskan untuk melayanix, Martha, Mary merasa tertarik untuk melihat taman itu. Dan dia menemukan taman itu tanpa sengaja. Dia merahasiakan taman itu dan berniat menghidupkannya. Dengan bantuan Dickon, anak laki2 sahabat para binatang, dia bekerja keras menanam bunga di taman itu. Kegiatan mengurus bunga pelan2 mengubah sifat Mary, dan ternyata bukan hanya Mary saja yg bisa berubah karena taman itu, tapi juga sepupunya, Colin Craven yg punya sifat sama burukx dg Mary.
Sugesti dalam novel ini disebut sebagai sihir oleh pemikiran polos Mary dan Colin. Karena percaya kalau taman itu memiliki sihir, tanpa sadar mereka telah memperbaiki diri menjadi lebih baik. Disebutkan peran orang tua sangat penting untuk pembentukan sifat anak. Hal ini dicontohkan seperti Mary yg sejak kecil dititipkan kepada pengasuh sedangkan orang tuax g peduli membuat Mary menjadi anak yg egois dan manja. Sedangkan Dickon dan saudara2x menjadi anak2 yg sehat dan ceria meski kurang mampu karena ibux merawat mereka dg kasih sayang yg hangat.
Pengarang novel ini adalah pengarang novel Little Princess yg terkenal itu. Bagi penikmat film pasti tahu judul ini. Karena sudah diadaptasi dalam berbagai macam versi. Pengarangx sendiri menulis novel untuk mencukupi keluargax. Karena novel ini saya jadi suka dg novel klasik untuk anak2. Dulu saya sudah baca Tom Sawyer dan Huckelberry Finn karya Mark Twain. Sekarang saya ingin membaca Oliver Twist. Ada g y di toko buku?
Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar