Jumat, 10 September 2010

Hari kemenangan

Assalamualaikum!
Hari lebaran udah tiba nih. Emang dah hari ke2 sih. Tapi saya mau ngucapin selamat hari raya idul fitri 1431 H, minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir batin. Pasti seneng nih karena bisa kumpul ma keluarga n makan2. Kalau di kota2 ketupat udah keluar di hari pertama lebaran. Tapi di daerah pedesaan seperti rumah saya, terutama suku Jawa, ketupat baru keluar beberapa hari setelah lebaran. Namax kalau diterjemahin dalam bahasa Indonesia disebut hari raya ketupat. Kenapa bisa begitu, saya sendiri kurang tahu. Ibu saya juga udah g buat ketupat lagi karena sibuk. Tapi ada beberapa tetangga yang nganterin ketupat n lontong ke rumah sekalian ma sayurx. Jadi walaupun di rumah g buat ketupat, saya masih bisa menikmati ketupat ^_^.
Di hari lebaran, tradisi yg paling kental adalah bermaafan. Silturahmi ke rumah keluarga n sahabat. Karena udah saling bermaafan, di hari lebaran kita jadi terbebas dari dosa dan mulai lembaran baru di hari yg suci ini. Hari lebaran juga bisa dijadikan renungan. Kesalahan dan kekhilafan apa aja yg kita perbuat dan bagaimana kita memperbaikix di kemudian hari. Saya merenungkan apa aja yg terjadi sama saya selama setahun terakhir (yg kebanyakan tidak bisa saya ingat). Saya menyadari kalau saya hanya mengingat tentang diri saya yg tersakiti, yg saya biarkan dan dapat berkembang menjadi dendam. Saya g bisa ingat apakah saya dulu menyakiti orang lain. Ini sangat ironis dan keterlaluan. Selama ini saya berpikir, biarlah saya kebagian yg g enak asal orang lain merasa nyaman. Tapi kenyataanx saya yg egois. Saya merasa sakit hati karena dijadikan pihak yg jadi istilahx tumbal. Kalau ada posisi yg g mengenakkan saya yg ditumpahi kehormatan itu. Manusia emang harus bercermin pada diri sendiri. Melihat bagaimana dirix sendiri sebelum mengkritik orang. Karena keegoisan saya, saya mohon maaf yg sebesar2x pada semua orang yg udah saya sakiti baik disengaja atau g. Saya juga memaafkan semua yg udah bikin saya sakit hati n berusaha melupakanx. Di hari yg suci ini mari berusaha menjadi manusia yg lebih baik.
Wassalmualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar