Jumat, 03 September 2010

Basa-basi

Assalamualaikum
hari ini setelah tidur siang, saya duduk2 di depan kos dg teman saya. Tiba2 bu kos datang sambil bawa banyak kardus makanan. Ternyata hari ini bu kos ultah. Dia membagi2kan kue kepada anak2 kos. Setelah memberikan kue kepada kami berdua, bu kos masuk ke dalam. Beberapa anak menyambutx sambil melontarkan beberapa kalimat. Tiba2 teman saya nyeletuk, "aku sama sekali g bisa basa-basi. Kalau kamu?" dia bertanya sama saya. Saya pun menjawab kalau saya juga g bisa basa-basi. Kalau ada pertemuan dg keluarga atau dg beberapa orang, saya cenderung diam. G tahu harus ngomong apa.
Penting g sih basa-basi? Tergantung sikon mungkin. Kalau dalam suasana santai, basa-basi bagus buat mengisi waktu. Pancingan buat obrolan. Kadang basa-basi jg bisa dikatakan sebagai sopan santun. Kalau ada teman datang bertamu, g sopan kalau kita diam aja atau langsung mengatakan hal2 berat. Basa-basi bisa juga sebagai pembuka agar suasana bisa lebih santai dan ringan.
Tapi kalau dalam keadaan terdesak, g mungkin ada basa-basi. Terlalu lama.
Basa-basi sangat penting dalam pergaulan di masyarakat. Saya harus belajar karena sebentar lagi terjun dalam masyarakat. Maaf kalau tulisan kali g penting n membosankan.
Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar