Selasa, 23 November 2010

Bumi Masih Berputar

Assalamualaikum
Entah kenapa hari ini saya ingat dengan komik saya yang judulnya Bumi Masih Berputar. Saya beli komik ini waktu saya kelas 2 SMP. Sekarang saya baru aja lulus kuliah. Kalau dihitung2 udah 8 tahunan. Saya ingat dulu banyak teman sekelas yg pinjam komik saya itu sampai lecek saking seringnya dibaca. Padahal saya udah berusaha untuk menjaga komikx tetap bagus. Pasalx komik ini istimewa bagi saya karena beda dg komik2 lain yg pernah saya baca. Bumi masih berputar terbit di Jepang pada tahun 1985. Tapi ceritanya masih relevan di masa sekarang. Tema komik ini adalah tentang orang aneh dari dimensi lain. Bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Sakami Torii yg bersahabat dg 3 cowok keren teman sekelasnya tapi memiliki pribadi yg aneh. Ada Daiji Morisaki yg masochist, Shiro Haruna yg mother complex, dan Tenku Otokuni yg narcissist. Pada awalnya Sakami takut dg 3 sekawan ini ketika mengetahui rahasia mereka dan berusaha menghindar, tapi akhirnya bersahabat karib dg mereka ketika tidak sengaja 3 sekawan itu tahu rahasia Sakami tentang ayahnya yg tidak macho.
Cerita yg disajikan ringan dan lucu. Kelucuan spontan yg biasanya ada di komik2 Jepang di tahun 80an (ini hanya pandangan pribadi saya). Karena temanya tentang orang aneh, hampir semua tokoh yg muncul memiliki kepribadian aneh. Tidak hanya 3 sekawan Daitenshi. Tokoh yg kelihatannya normal, tapi seiring dengan berjalannya cerita ternyata memiliki penyimpangan kepribadian. Di sini diceritakan walau hal2 aneh sudah dianggap tidak aneh lagi, tapi tetap saja beberapa orang masih menganggap orang yg memiliki kepribadian yg menyimpang dianggap aneh dan menjauhi mereka. Hal itu masih berlaku di jaman sekarang, 25 tahun setelah komik ini terbit, bagaimana orang2 transeksual, gay, atau lesbian masih dikucilkan dalam masyarakat. Tapi bumi masih berputar, apapun pandangan orang, tetap ada hari esok dimana kita bisa berusha menjadi pribadi yg lebih baik.
Komik ini adalah shoujo manga yg menghibur dan ringan. Ceritanya tidak secara langsung menganjurkan kita untuk menghargai semua orang apapun keadaannya. Tapi dengan pemahaman yg bijaksana, komik yg dari luar hanya menghibur ternyata bisa memberikan makna yg dalam. Memang sudah banyak cerita tentang orang2 dg kepribadian yg tidak biasa, Bumi Masih Berputar menurut saya adalah salah satu yg bagus dan wajib dibaca sebagai hiburan.
Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar