Selasa, 18 Januari 2011

Kitchen

Assalamualaikum
setiap orang pasti mempunyai tempat istimewa yang bisa membuatnya nyaman dan tenang. Bagi Mikage Sakurai, tempat yang nyaman baginya adalah dapur. Setelah kematian neneknya, Mikage menjadi sebatang kara. Di tengah kesedihan dan kesepiannya, Mikage menemukan dapur adalah tempat yang bisa membuatnya tidak kesepian. Karena dapurlah, Mikage menerima tawaran keluarga Tanabe untuk tinggal di apartemen mereka. Mikage langsung jatuh cinta dengan dapur mereka sejak pertama kali melihat. Lambat laun Mikage bisa kembali merasakan kehangatan keluarga bersama Yuichi Tanabe dan ibunya atau ayahnya yg seorang transeksual bernama Eriko. Sepanjang musim panas dia habiskan di dapur rumah keluarga Tanabe dan akhirnya dia menemukan impiannya.
Setelah Mikage dapat menata hidupnya, tiba-tiba Eriko meninggal. Mikage kembali merasakan kesedihan bersama dengan Yuichi. Tapi mereka saling menjauhkan diri karena tidak ingin menularkan kesedihannya. Hal ini malah membuat mereka sadar kalau ada cinta di antara mereka. Apa yang akan mereka lakukan untuk bangkit dari dukacita? Baca sendiri y ;-D
Kitchen adalah novel pertama Banana Yoshimoto. Daripada disebut novel, buku ini lebih tepat disebut novelet. Karena dalam satu buku ada dua cerita. Selain Kitchen ada satu lagi judul cerita, yaitu moonlight shadaow. Keduanya memiliki kesamaan tema. Sama2 menceritakan tentang kematian. Karenanya membaca novel ini, seperti menonton film tanpa iringan musik. Suasananya sendu, tapi sendu yang menarik. Novel ini pertama kali terbit di Jepang pada tahun 1988. Tapi cerita yang disampaikan masih relevan untuk masa sekarang. Setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan yang mendalam karena ditinggal orang yang dicintai. Walau bercerita tentang kematian, tapi penyampaiannya tidak terasa melankolis. Setiap karakter diceritakan berusaha untuk bangkit dari keterpurukan dan melanjutkan hidup. Pesan seperti itulah yang ingin disampaikan dalam novel ini.
Ada bagian novel ini yang saya suka. Ketika Mikage dan Yuichi memimpikan hal yang sama secara bersamaan. Mungkin ini menunjukkan kedekatan mereka.
Bagi yang suka baca, jangan lewatkan untuk membaca novel ini. Ceritanya bagus dan bahasanya menarik. Selamat membaca!
Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar